HIDUP KITA CUMA DALAM 3 HARI : 1. Semalam - Sudah menjadi sejarah 2. Hari Ini - Apa yang sedang Kita lakukan 3. Esok - Hari yang belum pasti Hisablah hari pertama semoga hari yang kedua Kita lebih baik dari hari yang pertama. Jangan mengharap hari yang ketiga kerana mungkin ajal Kita pada hari yang kedua

Wednesday, May 31, 2006

BERGURU MENULIS PADA DIRI SENDIRI

QUANTUM, kata yang dipakai sebagai judul buku ini (Quantum Writing: Cara Cepat nan Bermanfaat untuk Merangsang Munculnya Potensi Menulis) dapat diartikan sebagai interaksi yang mengubah energi menjadi pancaran cahaya yang dahsyat. Dikaitkan dengan kata berikutnya, quantum membentuk segugusan makna: interaksi yang terjadi dalam proses menulis yang nantinya akan meningkatkan potensi si penulis dengan keberhasilan yang tidak pernah disangka sebelumnya.

quantum writing yaitu menulis untuk diri sendiri. Untuk diri sendiri? Ya, sebelum kita melakukan segala sesuatu, pertanyaan manusiawi yang pertama kali muncul adalah “Apa manfaat bagiku?” Lalu, apa manfaat menulis bagi kita?

Mungkin di antara kita belum banyak yang tahu kalau menulis ternyata dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menjadikan diri kita semakin sehat. James W. Pennebaker mengatakan “Menulis tentang hal-hal yang negatif akan memberikan pelepasan emosional yang membangkitkan rasa puas dan lega”. Dari hasil penelitian Pennebaker inilah diketahui bahwa orang yang menuliskan pikiran dan perasaan terdalam mereka tentang pengalaman traumatis menunjukkan peningkatan fungsi kekebalan tubuh dibandingkan orang-orang yang menuliskan masalah-masalah remeh temeh.

Pembicaraan berikutnya yang tidak kalah penting adalah tentang “berguru” menulis pada diri sendiri. Deporter dan Hernacki mengatakan, “percaya atau tidak, kita semua adalah penulis. Di suatu tempat dalam diri setiap manusia ada jiwa unik yang berbakat yang mendapat kepuasan mendalam karena menceritakan suatu kisah, menerangkan bagaimana melakukan sesuatu, atau sekadar berbagi rasa dan pikiran. Dorongan untuk menulis itu sama besarnya dengan dorongan untuk berbicara; untuk mengomunikasikan pikiran dan pengalaman kita pada orang lain; untuk paling tidak, menunjukkan kepada mereka siapa diri kita.




Tulisan yang baik, tentu saja ada aturan (cara) untuk mencapainya. Tujuh aturan yang diketengahkan Quantum Writing ini yaitu: pertama, pikirkan pembaca (siapa yang menjadi bidikan tulisan anda nanti?), kemudian pikat mereka. Selanjutnya beri mereka alasan agar mereka tertarik dengan tulisan Anda. Munculkan perasaan rugi jika mereka tidak membaca tulisan Anda. Berikutnya, berbicaralah dalam bahasa aktif (tidak pasif) dan jangan berpanjang-panjang. Susun tipografi tulisan Anda sedemikian mungkin. Dan yang terakhir, tutuplah dengan ledakan, dengan sesuatu yang spektakuler dan tidak akan terlupakan oleh pembaca tulisan Anda.



Kukutip ini karena aku hobi menulis.............AYO MENULIS!!!!!!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home